Pages

Blogspot.com vs Wordpress.com

Blogspot.com vs Wordpress.com selalu menjadi salah satu perbincangan yang cukup hangat bagi kalangan blogger. Tak hanya senior dimasing-masing dua platform yang paling banyak digunakan oleh blogger tersebut, tetapi justru banyak dari kalangan junior yang masih awam terhadap perbandingan kualitas Blogspot dan Wordpress.

Saya ada sedikit cerita bahwa bagaimana dahulu ketika saya pada awalnya akan terjun didunia blogger. Pada awalnya saya hanya ingin iseng-iseng saja. Tetapi ketika akan memulainya saya dihadapkan pada satu pertanyaan yang harus segera saya jawab. Pertanyaan tersebut adalah platform apa yang akan saya pilih?

Pada waktu itu akhirnya saya menjawab pertanyaan saya sendiri dengan mantap saya akan memilih blogspot, alasannya simple karena dihalaman pertama google banyak bertebaran subdomain blogspot. Akhirnya saya putuskan untuk mendaftar dan benar saja dari segi tampilan blogspot ini memang user interface bagi pemula seperti saya ini dan satu lagi pada waktu itu saya juga akhirnya tahu bahwa blogspot sudah dibeli google yang pada akhirnya menggiring pikiran saya untuk berpikir bahwa pasti akan lebih mudah lagi dalam hal segi SEO.

Seiring berjalannya waktu saya ingin mencoba platform blog lain lalu saya memilih wordpress.com Ketika saya mendaftar tak begitu ada masalah yang berarti dan pada saat berhasil masuk kedalam dashboard, saya kaget karena begitu banyak navigasi disana.

Kagetnya lagi saya belum menulis artikel apapun tetapi sudah ada satu artikel pertama muncul yaitu Hello World. Akhirnya saya putuskan untuk belajar wordpress lebih dalam dan pada suatu waktu saya menemukan adanya istilah wordpress self host. Ya istilah itulah yang akhirnya saya menjadi tahu bahwa Wordpress juga bagus dalam segi SEO. Bahkan dari segi tampilan dapat dibuat se-profesional mungkin.

Oke baiklah ini rangkuman kelebihan dan kelemahan antara Blogspot dan Wordpress versi saya.

Blogspot

Kelebihan.

1. Untuk pemula akan lebih mudah dalam segi navigasi.
2. Untuk saat ini banyak integrasi yang mudah untuk akses ke google adsense dan google analytics.
3. Untuk belajar modifikasi template dan personalisasi widget lebih mudah. Note: Karena Faktor Navigasi.
4. Untuk Java Script blogspot ini ada didepan.
5. Untuk template banyak yang gratis, tapi fitur premium.

Kelemahan.

1. URL terlalu panjang.
2. Sewaktu-waktu bisa dihapus oleh "simbah".

Wordpress versi selfhost.

Kelebihan
1. Fleksibel.
2. Fitur Lengkap.
Note: fitur lengkap seperti adanya plugin yang akan semakin mudah untuk membuat blog menjadi semakin profesional, wordpress mulitisite salah satu fitur yang akan mempermudah dalam segi manajemen konten, dan masih banyak yang lainnya.
3. URL bisa dirubah-rubah.
4. Template Bagus-bagus.
5. Tidak ada ancaman dihapus google.

Kelemahan

1. Bayar hosting dan domain sendiri.
2. Banyak template yang bagus tapi harus bayar lisensi.
3. Navigasi sulit untuk pemula.

Wordpress versi subdomain.com

Kelebihan

1. Dashboard canggih dan lengkap serta keren.
2. Banyak plugin pendukung seo dan tampilan keren.
3. Lainnya hampir mirip seperti self host.

Kelemahan

1. Kurang ramah terhadap pemula.
2. Pembatasan pemasangan iklan/sponsor.

Maka dari itu jika ditanya bagus mana, saya akan menjawabnya bagus wordpress apabila ingin serius dalam bisnis online atau offline dan sekaligus Anda ingin lepas dari bayang-bayang google serta lebih mandiri dalam mengoptimalkan blog.

Kedua untuk pemula dan sekedar mengisi waktu luang alias untung-untungan saja alangkah lebih baik pilih blogspot untuk mengurangi resiko yang lebih besar.

Jadi kalian pilih mana??
Kalo Admin sendiri memilih Blogspot, karena kebanyakan tugas bikin blog di sekolah harus pake Blogspot :D

Raka Setiawan

Jangan pernah bosen buat baca artikel gue ya :D